Antara IM3, iPhone4 dan Fixed Dial Numbers

im3_fdn_480_IMG_0022

Saya punya sebuah iPhone4 yang praktis sekarang bisa dibilang nganggur sejak saya menggunakan iPhone5. Well, ga sepenuhnya nganggur sih. Sewaktu traveling ke Jepang + USA + Singapore justru iPhone4 ini jadi ponsel utama. Kartu-kartu operator lokal di negara-negara tersebut saya pasang di iPhone4 ini. Phone working fine, yah iOS 6.1.2 sepertinya membuat iPhone4 bekerja sedikit lambat untuk beberapa aplikasi. Yang paling berasa saat maenan instagram. Selebihnya baik-baik saja.

Nah hari ini saya mo masang kartu operator lokal. Jadilah saya malam ini maen ke Giant + Lotte Bintaro mencari SIM card perdana simPATI dan ga ada yang jual. Alasan standar sih “lagi kosong”, but who knows? Akhirnya saya iseng-iseng beli paket perdana IM3 ajah seharga 10ribu di Sentra Ponsel Lotte Bintaro.

im3_fdn_480_IMG_0025

Keanehan terjadi saat saya mau mengaktifkan perdana IM3 ini di Sentra Ponsel. Network tidak terdeksi. Setelah ngubek-ngubek setingan iOS, reset setting tetap saja No Services. Karena saya ga mo ngerepotin mbak yang di Sentra Ponsel itu akhirnya saya bayar saja dulu n pindah ke 7-11.

Kejadiannya adalah begitu pasang perdana IM3 yang terjadi pertama kali adalah muncul notifikasi “Fixed Number Dialing Activated”
Apapula ini? Seumur-umur pake iOS ga pernah dapat pesan kaya gini.

Yang lebih aneh lagi pas browsing ke situsnya Indosat disebutkan
“Bagi seluruh pengguna handset, pastikan Fixed Dial Number (FDN) di non-aktifkan saat melakukan aktivasi untuk menghindari kegagalan registrasi prabayar. Jika terjadi kegagalan registrasi, gunakan handset lain.”

Halo? Handset lain saya cuman iPhone5 dan ga ada jaminan saya ga akan ngalamin kejadian yang sama secara sama-sama pake iOS cuman beda versi saja. Kemudian mo aktivasi pake smartphone ajah kok beribet amat sih, harus pake handset lain segala?

Jadilah saya nyari tau apa itu Fixed Dial Number (FDN).
Menyimpulkan dari Wikipedia dan berbagai thread forum yang membahas problem yang sama di berbagai handset,

Fixed Dialing Number (FDN) adalah sebuah layanan yang ditanam di SIM card GSM. Jadi dari operator nih bukan dari pabrikan ponsel. Saat FDN aktif, SIM card tersebut cuman bisa nelpon ke nomor-nomor yang sudah kita daftarin ke FDN. Layanan ini berguna misalnya buat orang tua yang pingin batasin pemakaian ponsel anaknya cuman boleh nelpon/sms ke nomor-nomor tertentu. Tidak semua SIM card mendukung layanan ini. Kalo kita mo make pun kita harus ngisi PIN yang tiap SIM card berbeda dan PIN ini hanya disediakan oleh operator. PIN nya juga beda dengan PIN standar SIM card yang 1234 itu.

Like I said, there’s nothing wrong with the phone. Dipasangi Axis, simPATI, kartuHALO, Ready SIM USA, sampe terakhir Hi-Card Singtel ga ada masalah. As matter of fact, I’m still using the SingTel Hi Card.

Dugaanku sih Indosat ngaktifin fitur ini untuk ngerestrict kartu perdana supaya ga bisa nelpon sebelum aktivasi. Lha masalahe gimana saya bisa aktivasi wong jadinya tuh kartu malah masalah di iPhone4 saya, diapainpun sampe reset all setting tetap saja “No Service”.

Akhirnya saya beli perdana lain buat membuktikan teori di atas. Di 7-11 saya beli perdana XL. Sialnya XL ga punya microSIM, dan sevel ga punya pemotong SIM Card biasa ke Micro SIM :( Moga-moga ada SIM card cutter di rumah, kalo ga kepaksa ke kantor deh besok demi motong SIM card doang :P

im3_fdn_480_IMG_0037

ah, a note from samsung.com

Not all SIM cards have a PIN2 code. If your SIM card does not, this menu option is not displayed. You must obtain your PIN2 code from your service provider

Perfect :)

update

Ternyata ada MicroSIM cutter di rumah dan kartu XL nya berfungsi dengan baik  mulai dari aktivasi sampai kirim SMS di iPhone4 ini :)

Leave a Reply

7 Comments

  1. iphone4 sya malah blum fix smpe hari ni (mkin udh sktr 7bln).
    awalnya pake provider Saudi, trus pas di Indonesia sya ganti
    pke provider lokal. ga ada masalah, iphone tetp bisa dipake.
    Trus sya coba update ios, setelah selesai eh malah ga bisa di aktivasi.
    via wi-fi ga bisa, via iTunes jg ga bisa..Gmn ya?
    Tolong bantu saya

  2. Maaf mbak, saya punya iphone 4, tapi daya beli waktu di singapura, tapi ko pake kartu indonesia malah nga bisa, pake kartu apapun mba, malah tetep no service :(, help me please :(

    • mbak? mbak yang mana yah? *tolah toleh nyari*
      kemungkinan iphone4 yang anda beli itu di-kunci (locked) hanya bisa dipake di jaringan/kartu operator tertentu.
      Kalo belinya di gerai operator (Singtel/M1/StarHub) atau di retailer resmi apple kaya EpiCenter, Mufty bisa minta tolong ke sana untuk “unlock”
      Tapi kalo belinya di SimLim ya terima nasib ajah lah, ama penjualnya pasti ga dibilangin tuh kalo iPhone4 tsb statusnya “locked”
      coba cek serial number/imei iphone-nya di situ berikut ini deh:
      http://sndeep.info/en

  3. dimas

    Iphone 4 bisa di pake kartu m3 ngga sih? soalnya di daerah saya kartu m3 yang paling bagus jaringsan nya. minta tolong

    • hi dimas
      yang lebih berwenang menjawab sih seharusnya orang Indosat/IM3

      tapi selama iphone Dimas itu unlock untuk semua operator (GSM), teorinya ga akan ada masalah kok pake kartu Indosat/IM3

      • sekedar nambahin,
        sebaiknya kartu IM3-nya diaktivasi/registrasi prabayar (kalo kartunya adalah prabayar) pake ponsel jadul dulu kaya Nokia, Blackberry untuk menghindari kasus di atas. Setelah itu baru digunakan di iPhone nya

  4. saya ngalami juga kaya gitu, alhasil pindahin dulu ke hp jadul buat daftar habis itu masukin ke iphone lagi dan beres deh :D

Next ArticleSelfie.im - When Narcissism is Not a Crime