Selamat datang di iPhone & iPad, Mozilla Firefox

ffx-ios-fin2
Penantian panjang itu akhirnya berakhir. Mozilla akhirnya secara resmi merilis browser Firefox 1.2 untuk perangkat iOS yang meliputi iPhone, iPad serta iPod Touch secara global. Versi pertama dirilis sekitar bulan September 2015, tapi saat itu hanya untuk AppStore New Zealand saja. Yah, untuk test the market dulu lah.
ffx-ios-4324
Fitur-fitur Firefox iOS kurang lebih sama seperti yang di desktop. Mulai dari sinkronisasi dengan Firefoxnya untuk mengakses history, tab, password serta bookmarks, tab management hingga private browsing.
Pilihan mesin pencari juga beragam. Secara default, mesin pencari yang digunakan Firefox iOS adalah Yahoo, tapi pengguna  dapat menggantinya dengan Amazon.com, Google, Twitter, Wikipedia, Bing atau DuckDuckGo.
Beberapa demo fiturnya bisa dilihat di video berikut ini deh.

Menurut Apple Insider, Firefox menguasai 9.52% dari pasar browser secara umum (termasuk mobile dan desktop, data Oktober 2015). Di AppStore untuk Indonesia sendiri, posisi Firefox masih di nomor 100 untuk iPhone serta nomor 25 untuk iPad untuk kategori Top Free Apps (17Nov2015, 17:36). Dengan dirilisnya Firefox untuk iOS, Mozilla berharap angka pasarnya dapat kembali naik seperti beberapa tahun sebelumnya.
We’ll see

Leave a Reply

Next ArticleSun is Shining and So Are You