YouTube was Hacked

Tahukah kamu kalau situs video sharing terkemuka saat ini, YouTube, kena hack hari Minggu kemarin? Serangan ini memanfaatkan celah XSS dan menjadikan bagian utama halaman youtube tempat orang memberikan komentar sebagai sasaran.

Serangan tersebut akan memanfaatkan cookies yang ditinggalkan oleh pengunjung halaman youtube yang terinfeksi, namun perwakilan dari Google seperti yang dilansir di networkworld.com diklaim tidak akan dapat digunakanu untuk mengakses akun Google milik korban. Untuk tindakan pencegahan, para pengguna YouTube diminta untuk log-out akunnya sebentar kemudian log-in lagi.

Si hacker rupanya sedang gemas dengan Justin Bieber, sehingga sasaran serangan ditujukan ke halaman-halaman youtube yang memuat video tentang penyanyi abg yang sedang naik daun tersebut. Jadi saat user mengakses halaman yang sudah terinfeksi tersebut, dia akan mendapatkan message pop-up ga jelas mengenai si Justin dan juga browser akan diarahkan ke situs-situs dewasa (baca: porno).

Segera untuk mengatasi hal tersebut, Google mengatakan bahwa bagian komentar YouTube sementara ditutup. Google sudah merilis fix untuk kasus ini dan sekarangpun bagian komentar YouTube sudah dimunculkan kembali :)

3 thoughts on “YouTube was Hacked

Comments are closed.