Social Media is Twitter Until Some Agencies Say Otherwise

Social Media is Twitter

Jiakakakakakaka

“Social Media is Twitter. Until some agencies say otherwise”

Tweet seorang teman di atas (yg kemudian di RT oleh beberapa teman lainnya) bikin saya ngakak. Tapi kalo dipikir-pikir ya emang itu yang terjadi (di Indonesia, Jakarta) saat ini :) Dan baru sekarang saya nulis soal itu *doh*

Dalam 3 tahunan ini saya banyak ketemu orang, rekan-rekan baru. Dan seperti biasa kami saling bertukar nama (what’s wrong with that anyway?). Satu hal yang saya perhatikan, kebanyakan rekan-rekan baru ini (sebenarnya banyak muka-muka lama sih :P) dari perusahaan yang berkaitan dengan public relation atau brand management. Yang saya simpulkan, most of them sharing same title, Social Media Expert. Saya jadi bertanya-tanya dong, kriteria untuk dapat claim sebagai expertise untuk social media media itu kira-kira apa yah? Perlu ujian sertifikasi kaya Unix admin, network admin, dba atau bahkan bahasa pemrograman khusus gitu kah?

Eh, ternyata ngga seribet itu lho.

Kesimpulan saya, ternyata cukup punya akun twitter dengan follower buanyaakkk, punya Facebook dengan friends yang buanyaaakkkk dan mungkin blog juga :P Pintar cuap-cuap is a must. Tapi masa iya sih cuman gitu doang? hehehehehehe.

Masa Social Networking = Social Media = Twittere+Facebook as plain as that?

Nah berikut ini sekedar ulasan ngasal dari saya mengenai Social Media dan Social Networking. Jangan kuatir, ini opini pribadi saya kok. Ndak ada niatan ngoreksi apa yang sudah sampeyan -para expert- klaim selama ini hehehehehehe.

So, what is social media and the social networking about anyway?
Awalnya emang rancu antara kedua terminologi ini.

Dikutip dari wikipedia http://en.wikipedia.org/wiki/Social_media
Social media are media for social interaction, using highly accessible and scalable publishing techniques. Social media uses web-based technologies to turn communication into interactive dialogues”

Singkatnya kalo dari definisi bahasa, media itu kan sarana untuk bagaimana berkomunikasi/menyampaikan informasi. Sebuah sistem yang bertujuan untuk menyebarkan informasi dari satu titik ke titik lainnya. Dalam Sosial Media, setiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk menghasilkan dan/atau menyebarkan sebuah informasi.

Nah kalau Social Networking?
Kembali mengutip dari http://en.wikipedia.org/wiki/Social_networking
“A social network service is an online service, platform, or site that focuses on building and reflecting of social networks or social relations among people, e.g., who share interests and/or activities.” Jadi layanan yang fokus dalam membangun jaringan/relasi sosial antara orang-orang yang mempunyai kegiatan dan/atau ketertarikan akan hal yang sama. Mereka kemudian berkumpul bersama dan membentuk komunitas sesuai dengan common interest/activities tadi itu.
The clue is common interests and/or activities.
Social Network di-kombo dengan social media tadi itu menciptakan komunikasi 2 arah karena ada interaksi dalam komunitas tersebut akan informasi yang disampaikan.

Nah apa contoh common interest/activities tadi?
Content sharing untuk videos (YouTube, DailyMotion, Vimeo), foto (FlickR, SmugMug,Picasa, Fotolog), music dan playlists (Last.fm, iLike, Deezer), links (Delicious, Magnolia,Reddit) serta dokumen (Slideshare, Scrib, Slideo) ;

Publicatin tools seperti blog (Blogger, Typepad, WordPress), wiki(Wikipedia, Wetpaint,Wikia), microblog (Twitter, Tumblr, Identica), citizen news (Digg, Newsvine, AgoraVox) atau livecast (JustinTV, Ustream, BlogTV) ;

Dan masih banyak lagi lainnya.
Berikut ini adalah gambaran pemetaan social media yang dibuat oleh Fred Cavazza

Social Media Landscape
Social Media Landscape v2.0 oleh fredcavazza.net

Kemudian ada Conversation Prism yang dibuat oleh Brian Solis dan JESS3. Pendekatan dari Brian Solis ini memberikan gambaran akan apa saja yang ada di social media itu sendiri, jenis-jenisnya serta pengelompokannya berdasarkan bagaimana orang menggunakan jenis/kelompok social media itu satu sama lainnya.

The Conversation Prism v3.0
The Conversation Prism v3.0 by Brian Solis & JESS3

Bingung?
Hmmm, iya juga yah. Postingan ini kok jadi terlihat berlepotan gini :D
coba nonton video dari common-craft ini ajah deh :D

Social Media
[tube]http://www.youtube.com/watch?v=MpIOClX1jPE[/tube]

Social Networking
[tube]http://www.youtube.com/watch?v=6a_KF7TYKVc[/tube]

Jadi Social Media dan Social Networking itu hal yang berbeda tapi saling tersambung, saling membutuhkan satu sama lain.
Social Media != Twitter
Social Networking != Facebook+Twitter only
Dan sayangnya banyak -expert- yang benar-benar rancu dan susah bedain kedua hal tersebut :)

Moga-moga agensi perusahaan ga clueless deh soal ini …

*srotttt* pilek itu menyiksa, jendral

ref:
http://www.wikipedia.org
http://www.fredcavazza.net
http://www.theconversationprism.com
http://goo.gl/zFDRt socialmediatoday.com
http://goo.gl/pZaZ5 cohenside.blogspot.com
http://goo.gl/bIiKZ webmaster9.com
http://goo.gl/l5MXE virtualsocialmedia.com
http://goo.gl/KO2LU ezinearticles.com

3 Replies to “Social Media is Twitter Until Some Agencies Say Otherwise”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *