Hidup Itu Indah

Hidup Itu IndahLife is Beautiful
Bukan, bukan, bukan. Ini bukan terjemahan dari film karya Roberto Benigni yang sangat menyentuh itu.

Hidup itu Indah adalah kumpulan komik opini karya Cak Aji Prasetyo, komikus (juga musikus, CMIIW) asal Malang.

Arema yayyyy :D

Sebuah catatan kecil dari Noor Huda Ismail (Direktur Eksekutif Yayasan Prasasti Perdamaian) menyebutkan bahwa ini adalah karya yang proviokatif. Memang, buku ini bisa provokatif banget buat orang-orang yang emang suka terprovokasi (emo instead of ratio, act without think) :D Kamu bisa lihat sendiri cover bukunya seperti apa kan?
Di bagian belakang buku ini, ada logo kalo kontennya adalah untuk konsumsi dewasa. Jadi mungkin yang dimaksud hanya yang “dewasa” yang mungkin bisa memahami, menelaah, kemudian menikmati dan ngakak oleh isinya :)

Aji - Mitsuru

Kumpulan komik ini ga seperti manga-manga Jepang / Korea / Hongkong yang ada di pasaran saat ini. Ini mirip graphic novel lah kalo istilah saya. Kombinasi gambar dan narasi cerita. Dan seperti halnya Adachi Mitsuru, Cak Aji memasukkan dirinya ke dalam komik. Bedanya kalo Adachi Mitsuru suka malu-malu, nongol jadi cameo di satu box doang, bagian disalahin atau di sindir ama tokoh komiknya. Kalo Cak Aji jadi tokoh sentral dalam komik ini. Toh ini komik berisi pikiran-pikiran dia kan :D

Komik ini dibagi menjadi 5 bab dan berisi opini/kritik Cak Aji akan lingkungan sosial di mana kita berada saat ini.

Ingat iklan KFC dimana seorang perangkat desa baru mau “nyetempel” dokumen setelah disodorin Bucket KFC? Nah di sini Cak Aji menggambarkan suasana kantor desa yang menyenangkan itu dengan lebih nyata :D Ada juga mengenai sinetron dan reality show yang menjajah hampir tiap rumah di negeri ini, mencekoki pemirsanya dengan mimpi-mimpi yang ga rasional. Ada tentang facebook, teknologi dengan segala pelarangannya.

Ada bab yang membahas agama sebagai komoditi. Di sini agama dikemas dan dibawa-bawa dalam berbagai hal, untuk materi kampanye parpol, dasar pembenaran melakukan tindakan pelanggaran (perhatikan cover buku :P) atau anarkis dan lain sebagainya. Banyak yang lupa substansi agama itu sendiri sebagai rahmatan lil ‘alamin.

Ramadhan Penuh Hikmah

Dan tentu saja ada bahasan mengenai politik. Siapa sih yang ga suka politik (kecuali saya)? :D kebetulan Cak Aji ini salah satu member aktif situs politikana juga rupanya.

Hidup Itu Indah,
tinggal bagaimana cara kita menjalani dan menikmati itu sendiri.
Ala Gayus dengan para client serta pelindungnya
Atau ala pasangan muda dalam komik Cak Aji ini.

Hidup Itu Indah

Seperti halnya komik-komik karya Adachi Mitsuru, saya merekomendasikan buku ini untuk dibeli, dibaca dan dikoleksi. Isi buku Cak Aji sendiri berasal dari blognya di klewang.multiply.com. Tapi tetep kamu mesti beli bukunya buat baca-baca offline

*beneran ini bukan iklan apalagi postingan blog berbayar :P*

4 thoughts on “Hidup Itu Indah

  1. ane demen banget buku ini.. cocok untuk melihat ‘penyakit2’ manusia Indonesia yang sok2an.. Lucu dan menyentuh, tapi ga hilang apa yg mau disampaikan.. Wajib beli!

Comments are closed.