General,  Technology

Kolaborasi Mozilla, Washington Post dan New York Times

Mozilla itu ga sekedar browser Firefox, Thunderbird atau Webmaker. Mungkin banyak yang belum tahu, tapi Mozilla punya banyak project selain yang telah disebut sebelumnya tadi. Dan kita yang tertarik bisa berkontribusi di project-project yang kita suka dan kita mampu.

Salah satu project adalah Mozilla OpenNews. OpenNews adalah kolaborasi antara Mozilla dan Knight Foundation untuk membentuk sebuah komunitas global yang terdiri dari para developer, jurnalis, mereka yang suka ngoprek, hacker untuk dapat bersama-sama belajar, bekerja dan bahu-membahu membuat solusi-solusi yang dibutuhkan dunia jurnalisme di era open web ini.

Berkaitan dengan OpenNews ini, 19 Juni 2014 kemarin New York Times, Washington Post dan Mozilla baru saja mengumumkan kerja sama untuk mengembangkan sebuah platform untuk mengelola komentar online dan kontribusi pembaca mereka. Inisiatif ini mendapat pendanaan yang cukup besar lho dari John S. and James L. Knight Foundation, USD 3.89 juta!! Berita baiknya, platform yang diperkirakan akan butuh waktu sekitar 2 tahun penyelesaiannya ini akan tersedia secara gratis dan bisa didownload oleh siapa saja.

Viva Open Source :)

Nah, melalui platfor baru ini nantinya pembaca akan dapat mengirimkan gambar, foto, link berita dan media lainnya. Melacak diskusi, mengelola identitas online dan kontribusi mereka sendiri. Sementara itu para penerbit berita, dalam hal ini seperti NYT atau WaPo dapat mengumpulkan dan mengemas ulang kontribusi para pemcanya tadi ke dalam format cerita lain yang dapat memicu diskusi yang tengah berlangsung. Kalo contoh yang lagi hangat sekarang di Indonesia mungkin soal Pemilu Presiden 2014 yah? :)

Sepertinya bakal seru.
Buat kalian yang suka dengan jurnalisme atau hal-hal terkait dengannya dan ingin ikut berkontribusi, bisa join proyek Knight-Mozilla Open News di sini.

 
*Jadi teringat Erika Owens (@erika_owens) di MozSummit 2013, selalu bersemangat menjelaskan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai OpenNews. Dan lebih keren lagi, she’s a linux user :) *
#CariMukaKatanya :P

Hi, i am Nuri. Just another IT guy working on fintech and telco at Jakarta, Indonesia. While tech stuff became my daily breakfast, i also love to travel around the globe and taking photos also. I DJ on my spare time while dealing with any mess my 9 cats made at home :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.