Lenka Live in Concert – Jakarta 2013

Pada tahu Lenka kan? Kalo belum silakan baca profile penyanyi sekaligus penulis lagu kelahiran Australia di sini deh :)

Kenapa tiba-tiba nanyain tentang Lenka? Karena Lenka semalam baru saja mengadakan konser di Jakarta. Bertempat di Skenoo Hall, Gandaria City – Jakarta, ini merupakan penampikan ketiga Lenka di Indonesia. Pemilik nama lengkap Lenka Kripac itu sudah pernah tampil pada 2011 lalu. Lenka juga sempat menjadi bintang tamu dalam malam final ajang L.A. Light Indiefest pada 2009 silam.

we got the ticket!!!

we got the ticket!!!

Dan kali ini saya ga melewatkan kesempatan untuk nonton pelantun tembang The Show ini sekalian nge-date dengan Rara ^_^ *untung dah siapin budget buat nebus tiketnya he he he he*. Yang perlu perjuangan sebenarnya kuat-kuatan berdiri nungguin gerbang Skenoo Hall dibuka. Tiket bilang sih gate open 5:30 am, kenyataan jam 7 lebih dikit baru dibuka. Padahal yang ngantri sejak sebelum jam 5 sudah banyak banget. Cuman overall sih penontonnya emang tidak segitu banyak.

lenka_20130504175652_ip5 lenka_20130504180831_ip5
lenka_20130504181054_ip5 lenka_20130504181516_ip5

Kalo Jum’at malam Lenka tampil sebagai bintang tamu di acara X-Factor Indonesia, di hari Sabtu-nya ini kebalikannya. 3 besar X-Factor Indonesia yang menjadi pembuka konser live Lenka.

Dimulai dengan penampian Nu Dimension. Menyanyikan lagu “Don’t You Worry Child” dari Swedish House Mafia, mereka membuka suasana konser malam itu. Not bad, mereka tampil kompak tanpa koreografi kaya boyband-boyband korea wannabe itu. Untuk orang yang ga pernah ngikutin X-Factor, kekompakan boyband X-Factor arahan Ahmad Dhani ini patut diacungi jempol. And somehow si mohawk yang bernama Ariel (bukan Noah bin Peterpan yah) adalah kenalan keluarganya si Rara di Makassar. Langsung heboh dia minta potoin si Ariel buat di kirim ke mama nya :P

[nggallery id=10]

Penampilan kedua adalah Novita Dewi menyanyikan lagu “I’d do Anything For Love” dari Meatloaf. Ada geng cewek di belakang saya nyeletuk “she’s trying too hard” (untuk nyanyi). Well it’s a rock song and obviously you never heard/knew that song ladies. Dan begitu Novita nyampai refrain serta tempo lagu mulai naek, baru deh celetukan-celetukan tadi berubah. That’s why she needed to try hard, ladies. Setelah itu Novita Dewi menyanyikan lagu yang kali ini saya ga tahu judulnya (later on i knew it was Langit Tak Mendengar from Peterpan). Bweh, pantes…

[nggallery id=11]

Penampilan terakhir adalah Fatin Shidqia. Wooooo, save the best for last nih. Dengan sebegitu hebohnya pemberitaan tentang Fatin dan lagu Granade-nya Bruno Mars waktu audisi saya rasa banyak yang nungguin penampikannya dia malam ini. Tapi apa daya. Walo berita di tribunnews.com menyebutkan “Fatin Shidqia Curi Perhatian di Konser Lenka”, for me it was like “save the worst for last”.

Mengecewakan. Diawali dengan lagu Perahu Kertas yang kayanya kurang cocok dengan vokal dia yang tinggi yang bikin saya jadinya mengernyitkan dahi dengernya. Kok gini?

[nggallery id=12]

Lagu kedua adalah lagu yang melejitkan namanya, Grenade dari Bruno Mars. Awal-awalnya sih masih OK, tapi mendekat ke ref dan the rest of the song for me is was awful. Entah Fatin sedang sakit sehingga suaranya kedengeran cempreng kaya gitu or maybe she’s just not good enough or try hard enough. Sorry buat fans nya Fatin yah, that’s what i felt last night. But she has plenty of time to master her own voice.

Untung cuman 2 lagu *fiuh* dan setelah menunggu berapa lama, Lenka pun muncul dengan 2 pengiringnya. Minimal banget. Bahkan mereka ga ganti konstum sama sekali sepanjang pertunjukan. Sederhana sekali. Backdrop stagenya juga sederhana. Tapi penampilan mereka jauh dari kesan sederhana lho. All out and it’s fun.

Dengan gaya yang ceria dan senyum lesung pipitnya yang gemesin itu, Lenka membawakan lagu “Trouble is a Friend” sebagai pembuka. Wah langsung heboh deh penontonya.

Ada kejadian yang rada menyebalkan juga sih waktu depanku (saya nomor 3 dari pagar pembatas) dengan gobloknya ngangkat karton yang otomatis bikin deretan belakangnya langsung kehalang pandangan ke arah panggung. Dah diminta baik-baik, masih ajah. Di pinggirin kartonnya dikit maksa, masih juga. Akhirnya cuman bisa bilang ke temen segengnya “Mas bilangin tuh temennya buat turunin tuh karton norak pls kalo ga mau digebukin rame-rame yah”. Baru deh tuh orang nurut :P Akhirnya bisa enjoy lagi ngikutin konser.

Nah, kalau menurut ucapan Lenka di panggung, konser di Indonesia ini terbilang cukup istimewa.
Kenapa? karena Lenka menyanyikan beberapa lagu yang belum pernah dinyanyikan live sebelumnya. Lagu-lagu ini bakal berada di album ke-tiga nya yang bertajuk Shadows yang jadwalnya akan dirilis Juni 2013 nanti. Dan lagunya enak-enak juga seperti “Nothing Here But Love” dan “Find A Way To You”

Nah berikut ini adalah setlist dari konser Lenka di Gandaria City semalam

  1. Trouble is a friend
  2. Roll With The Punches
  3. Everything’s okay
  4. Nothing Here But Love (Ra, pantas ga dapat liriknya. Lha lagu baru jeh)
  5. Heart to The Party
  6. Heart Skips a Beat
  7. Dont’t Let Me Fall
  8. Everything at Once (nah pas lagu ini Lenka kolaborasi dengan 3 finalis XFactor)
  9. Locked Out of Heaven (duet dengan Shena XFactor and she’s good, way better than Fatin)
  10. Find A Way To You
  11. After The Winter
  12. Pumped Up Kicks (dari Foster People)
  13. We Will Not Grow Old
  14. Dangerous and Sweet
  15. dan penutupnya adalah The Show (rame-rame dengan peserta X Factor lainnya)

Untuk foto-foto penampilan Lenka sendiri menyusul yah. Mayan banyak yang harus dipilihin plus mesti masak makan siang dulu nih :P

 

 

 

3 thoughts on “Lenka Live in Concert – Jakarta 2013

    • @Bel
      lho kan abis ini tinggal naek cititrans/kereta dari bandung ke jkt kalo cuman buat nonton konser :)
      tiket gampang wis ^_^

Comments are closed.