Ponsel FirefoxOS akan bisa dibeli online lho

mozilla_fb_social_avatar_150Ponsel dengan sistem operasi FirefoxOS mulai dipasarkan global. Paling tidak sudah di 2 benua :)

Setelah Sebulan sebelumnya dipasarkan di Spanyol (Polandia akan segera menyusul), ponsel FirefoxOS hadir di Amerika Selatan. Tanggal 1 Agustus kemarin Telefonica mengumumkan bahwa Alcatel One Touch Fire dan ZTE Open akan dijual di Kolombia dan Venezuela. Keduanya dapat dibeli di toko-toko Movistar. Sedangkan untuk pasar Brazil, One Touch Fire dan ZTE Open akan dipasarkan sekitar Q4 2013 nanti.

Bagaimana dengan Indonesia?

Nah ini agak rumit untuk dijawab karena operator di Indonesia tidak menjual bundle antara ponsel dengan paket langganan selulernya. Berbeda dengan di luar negeri khususnya di Eropa ataupun benua Amerika yang ponselnyapun dipasangin logo operatornya.

So either operator launch a special package with FirefoxOS Bundled, dalam hal ini operator kombo dengan ZTE atau Alcatel (mungkin plus distributor lokalnya) atau si pabrikan ponsel (ZTE, Alcatel) yang jual langsung ke pasar Indonesia. ZTE yang saya tahu ga jualan retail, jadi mesti digandeng operator. Alcatel? Terakhir ingat nama Alcatel kayanya nun jauh di awal 2000an waktu masih belum ada 3G :)

mozilla-alcatel-onetouchfire

Nah ternyata ZTE mengambil opsi jual langsung ke publik. Tanggal 12 Agustus kemarin ZTE mengumumkan kalo ponsel ZTE Open akan bisa dibeli online lewat store mereka di eBay US dan UK. Warna yang akan tersedia pertama kali adalah oranye seperti gambar di bawah ini dan harganya sekitar USD 79.99 (GBP 59.99). Kalo dirupiahkan pake kurs versi Google hari ini sekitar 823,257.08 rupiah.

mozilla-zteopenbanner

Satu lagi, ponselnya akan dijual unlock. Bisa dipake di jaringan operator GSM manapun. Wooooo, ini bisa dibilang terobosan.

Mengutip pernyataan Jan Dawson, chief telecoms analyst di biro konsultasi Ovum, langkah ZTE untuk menjual ponselnya di eBay ini menunjukkan bahwa kebanyakan operator di dunia ini belum siap untuk menjual FirefoxOS. Dawson menambahkan kalo sekedar ‘being different’ itu ga cukup ditengah pasar smartphone yang sudah dijejali oleh Android kemudian Apple dan Windows.

Ini juga PR lumayan besar buat Mozilla sendiri dalam memasarkan FirefoxOS. Karena ya itu tadi, being different isn’t enough. Dan ngeyel ngejelasin ke orang kalau pake FirefoxOS akan memberikan pengalaman, user experience yang lebih baik itu ga akan terlalu menjual.

Nah kalau kalian mo order bisa langsung ke tokonya saja (saya ga tau yah soal shippingnya he he he).

Kayanya sih dah mulai bisa pre-order Jumat ini.

Referensi:

3 thoughts on “Ponsel FirefoxOS akan bisa dibeli online lho

    • nah itu dia, gung
      ga tau deh rombongan yang mo ke madrid akhir agustus nanti bisa dititipin geekphone keon pa ga
      *plus lom tau juga ini unlock apa open :P*

      *cari-cari orang zte dulu buat nitip*

Comments are closed.