T-Cash Tap & Go

Apa itu t-cash?

T-Cash atau Telkomsel Cash adalah suatu layanan yang memungkinkan pelanggan untuk menggunakan mobile phone-nya (MSISDN) melakukan transaksi seperti pembelian,  pembayaran, dan lain sebagainya. Layanan baru ini dapat dinikmati melalui dua cara, yaitu secara offline atau secara online. Secara offline, pelanggan dapat menggunakan kartu yang berisi sejumlah nilai uang, yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi pada merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan Telkomsel. Secara online, layanan ini dapat dinikmati melalui USSD, SMS.
(http://www.telkomsel.com/web/tcash)

T-Cash

Singkatnya, T-Cash ini adalah layanan mobile wallet atau electronic money. Di asia, layanan serupa banyak di-implementasikan di Jepang, Hongkong, Filipina. Cuman kalo di Jepang mungkin menggunaan RFID yang either “ditanam” di simcard atau di ponselnya, Telkomsel menggunakan teknologi yang sudah ada dan dikenal masyarakat yaitu SMS dan USSD. T-Cash sendiri mulai diperkenalkan ke pasar Indonesia oleh Telkomsel sekitar tahun 2007 lalu.

So, what’s new from T-Cash?

Artikel berikut ini diambil dari hotnews internal Telkomsel.

Kini bertransaksi lewat T-Cash menjadi lebih mudah dan cepat berkat inovasi baru, yakni Tap & Go. T-Cash Tap & Go memungkinkan kita untuk melakukan pembayaran via ponsel dengan cara menempelkan (tap) ponsel kita (yang sudah terdapat kartu T-Cash Tap & Go di dalamnya) ke reader/ EDC kartu yang ada di merchant, sehingga proses pembayarannya mirip bar code scanning oleh kasir di sejumlah supermarket.

T-Cash Tap & Go sendiri sebenarnya merupakan SIMcard yang memiliki fitur tambahan, yang memungkinkan transaksi pembayaran dan pengisian ulang pada merchant T-Cash Tap & Go. Dengan kartu ini, kita tetap dapat menggunakannya untuk berbagai fungsi normal, seperti: voice call, SMS, MMS, internet (browsing, chatting, facebook, dsb). Saat ini TCASH Tap & Go ada di fase trial yang ditujukan kepada pelanggan yang berlokasi di Bintaro dan sekitarnya. Tujuan dari trial ini adalah untuk mendapatkan saran dan masukan mengenai teknologi baru ini sebelum di pasarkan.

Kartu T-Cash Tap & Go dapat digunakan oleh tipe atau merk ponsel apapun. Layaknya SIMcard pada umumnya, untuk dapat menggunakan kartu ini maka kita harus memasukkannya ke dalam slot SIMcard pada ponsel kita.

Pelanggan tidak dikenakan biaya apapun untuk bertransaksi dengan T-Cash Tap & Go. Batasan maksimal saldo kartu adalah Rp 1.000.000 (sesuai ketentuan Bank Indonesia) dan tidak ada batas minimal saldo, sehingga kita dapat melakukan transaksi sampai saldo nol.

Dengan menggunakan kartu T-Cash Tap & Go, kita dapat menikmati fitur-fitur sebagai berikut:

  • Transaksi pembayaran
  • Isi uang elektronik, dengan minimum top up sebesar Rp 50.000.
  • Cek saldo
  • Mengecek history transaksi
  • Mengecek berhasil atau tidaknya sebuah transaksi yang telah dilakukan
  • Ganti PIN kartu T-Cash Tap & Go

Partisipan T-Cash Tap & Go sudah dapat bertransaksi di sejumlah merchant sebagai berikut:

Nama Merchant Lokasi
Solaria Pdk Indah Mall, Bintaro Plaza
Excelso Cilandak Town Square
Pizza Hut Bintaro Plaza dan Jl. Veteran Deplu, Pdk Indah Plaza
Toko Kue Soes Merdeka Jl. Serpong No. 18, BSD
Gulali City Plaza, Jl. Jend Gatot Subroto
Bakmi Japos Bintaro Sektor 7
OK’z Cafe Bintaro Sektor 7
21 Cineplex Epicentrum, HR. Rasuna Said Kuningan
Gorjes Salon Jl. Senopati
Cling Carwash Jl. Kesehatan, Bintaro Sektor 1
Indomaret Jl. Maleo, Bintaro Sektor 9, Versailes Serpong, Ancol 1

1 thought on “T-Cash Tap & Go

Comments are closed.