Instagram & 90 juta Active User

instagram

Buat pengguna iPhone (iOS) maupun Android tentu familiar dengan aplikasi yang bernama Instagram. Aplikasi berbagi foto (yang diakuisisi oleh Facebook 2012 lalu) ini melaporkan bahwa mereka mempunyai sekitar 90 juta pengguna aktif per-bulan. Sekitar 40 juta foto di-upload tiap harinya. Kurang lebih sekitar 8500 foto per detiknya.

Wow!

Statistik sederhana ini cukup menggembirakan buat Instagram setelah akhir 2012 kemarin mereka bermasalah dengan terms and condition mereka sendiri. Buat yang belum tahu, Instagram dalam aturannya menyatakan diri boleh menjual foto-foto yang telah diupload ke pihak ke-tiga tanpa harus memberi tahu atau bahkan memberikan kompensasi terhadap si pemilik foto tersebut. Hal ini cukup membuat heboh dan membuat ‘eksodus’ pengguna Instagram (apalagi pengguna yang terasuk kategori High Profile seperti NatGeo) ke layanan berbagi-foto lainnya.

Lumayan sih, EyeEm langsung naik daun. Flickr bahkan memberikan bonus 3 bulan FlickrPro gratis buat anggotanya.IMG_6935

Huru-hara ini langsung direspon oleh Kevin Systrom, co-founder Instagram, yang melakukan pembaruan ketentuan layanan Instagram (khususnya di bagian advertising) kembali ke semula. Detilnya bisa baca di postingan blog si Kevin.

Kalau September 2012 kemarin Instagram melaporkan mempunyai seiktar 100 juta pengguna yang terdaftar di sistemnya. Maka dengan angka 90 juta pengguna aktif/bulan ini berarti total pengguna Instagram itu sendiri ada berapa yah di databasenya?

Sepertinya cocok buat bahan ulasan Wikufest berikutnya, High Scalability :)

Next ArticleRoad To WikuFest 2013