Instagram says *Insta*, *Gram*, IG are not allowed as appname

instagram-logo-icon-1 Instagram baru saja memperbarui aturannya terkait dengan penggunaan brand Instagram. Penggunaan nama aplikasi yang mengandung kata IG, Insta, Gram apalagi Instagram saat ini dilarang. Instagram sudah mulai mengirimkan email notifikasi ke para pengembang aplikasi yang namanya termasuk kriteria di atas untuk mengubah nama aplikasinya dalam jangka waktu tertentu.

Ga hanya penggunaan “kata-kata terlarang di atas”, penggunaan logo Instagram yang telah dimodifikasi juga tidak dibolehkan. Contohnya logo milik Luxogram ini.

luxogram-logo

Wah, bakal banyak yang ganti nama nih. Di iPhone-ku sendiri sudah ada InstaWeather ma InstaPlace. Masih ada Statigram, Luxogram, Webstagram, Gramfeed, Instadrop, Instagallery dan mungkin puluhan lainnya. Bakal kepaksa ganti nama semua tuh (dan mungkin juga logo atau elemen-elemen aplikasi yang menggunakan modified Instagram logo).

Luxogram sendiri menyatakan kalau mereka mungkin ga akan melakukan perubahan, dan mungkin malah mematikan saja layanan mereka. Padahal saat ini Luxogram melayani sekitar 1 juta orang perbulannya.

Statigram ini membantu banget pas Instagram belum punya web-interface (dan non-iOS app). Saya malah lebih sering view dan balas-balas komentar via statigram daripada via iPhone. Statigram juga punya fasilitas statistik yang sangat membantu, terutama yang mulai menggunakan akun Instagramnya untuk komersial. Belum lagi ada kontes-kontesan yang mayan membantu ide motret :)

Nah kita lihat nanti mana yang akan ganti nama n logo, mana yang pilih menutup layanannya saja.

instagram-logo-icon-1instagram-logo-icon-1

3 thoughts on “Instagram says *Insta*, *Gram*, IG are not allowed as appname

  1. @Andreas
    itu cuman buat aplikasi-aplikasi yang connect/consume API nya instagram doang kok
    lagian dia ngga (atau belum) mematenkan kata *gram ama insta* tadi kok
    sekedar melarang ama nge-ban ajah app yang konek ke dia kalo masih ga mo ngikutin aturan hehehehhe

    kalo aplikasi-aplikasi yang ga ada hubungannya ma instagram sih silakan ajah.

Comments are closed.