Telkomsel Lacak

Layanan Info Lokasi – TELKOMSEL LACAK

Telkomsel LacakTelkomsel baru saja meluncurkan layanan info lokasi mobile pertama di Indonesia bernama Telkomsel Lacak. Dengan mengakses layanan ini langsung dari ponsel, pelanggan dapat mengetahui lokasi fasilitas-fasilitas umum terdekat dengan lokasinya pada saat itu.

Seringkali pengguna ponsel mengalami kendala dalam mencari lokasi fasilitas umum, seperti lokasi rumah makan, tempat ibadah, ATM, atau SPBU yang terdekat dengan lokasinya. Kini pelanggan bisa mengetahui lokasi secara langsung via ponsel dan juga fasilitas-fasilitas umum yang ada di sekitarnya, serta melihat peta dari lokasi tersebut. Telkomsel Lacak merupakan solusi tepat bagi pelanggan yang membutuhkan informasi lokasi secara cepat dan mudah ketika sedang mobile.

Telkomsel Lacak menampilkan tempat-tempat menarik yang terdekat dari posisi di mana kita berada. Dengan teknologi Location Based Service, aplikasi Telkomsel Lacak dapat mengetahui posisi kita berada, bahkan ketika GPS (Global Positioning System) sedang tidak aktif. Secara otomatis Telkomsel Lacak memanfaatkan informasi dari BTS (Base Transceiver Station) terdekat.

Telkomsel Lacak memanfaatkan aplikasi Google Maps untuk memudahkan pencarian alamat secara visual. Selain menampilkan lokasi di mana kita berada saat ini, Telkomsel Lacak juga menampilkan tempat-tempat menarik atau point of interest (POI) di sekitar lokasi kita. Saat ini Telkomsel Lacak menyediakan informasi lebih dari 200.000 POI.

Untuk mengaktifkan layanan ini, cukup tekan *123*55# lalu OK/yes, kemudian pilih menu ’download’. Pelanggan akan memperoleh SMS notifikasi berisi link untuk mengunduh aplikasi Telkomsel Lacak. Khusus untuk ponsel Android, Telkomsel Lacak juga dapat diunduh di Android Market pada menu Lifestyle. Setelah proses pengunduhan, selanjutnya pilih paket harian Rp 1.000 per hari atau paket mingguan Rp 5.000 untuk pemakaian 7 hari. Biaya tersebut sudah termasuk unlimited layanan data untuk mengakses aplikasi Telkomsel Lacak.

Berbagai fitur yang terdapat di dalam Telkomsel Lacak adalah:

  • Home, menyediakan info 20 tempat atau fasilitas umum terdekat dengan lokasi pelanggan berada
  • Map, menampilkan peta alamat dari lokasi yang dipilih
  • Browse, menyediakan fitur info tempat atau fasilitas sesuai dengan 20 kategori yang tersedia, antara lain: akomodasi (hotel, penginapan), bisnis (bank, perkantoran) telekomunikasi (akses internet wireless atau hotspot), edukasi (sekolah, kampus), hiburan (bioskop, tempat pertunjukan)
  • Tools, menampilkan info bantuan (info mengenai aplikasi Telkomsel Lacak), call center (info layanan pelanggan Telkomsel), dan program promo yang sedang diadakan Telkomsel

Pengguna Telkomsel Lacak juga berkesempatan memperoleh penawaran khusus dan diskon hingga 50 persen dari 214 merchant rekanan Telkomsel yang terdiri dari restoran, kafe, shopping boutique, pusat kesehatan dan kecantikan, resort, dan hotel yang tersebar di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi.

Layanan Telkomsel Lacak dapat dinikmati seluruh pelanggan Telkomsel, baik kartuHALO, simPATI, maupun Kartu As, yang menggunakan ponsel bersistem operasi Java, Symbian, Android, dan MTK, seperti: Nokia, Motorola, Sony Ericsson, LG, HTC, Nexus One, Samsung, dan Nexian. Ke depannya, Telkomsel akan mengembangkan aplikasi Telkomsel Lacak agar dapat digunakan di smartphone lainnya, seperti: BlackBerry dan iPhone.

Telkomsel Lacak merupakan aplikasi pengembangan dari layanan info lokasi yang sebelumnya telah dihadirkan melalui menu browser *250#. Dengan layanan berbasis SMS dan MMS tersebut, pelanggan bisa melacak lokasi pengguna ponsel lain, memperoleh informasi lokasi fasilitas umum dan jadwal sholat sesuai lokasi, serta menggunakan layanan kencan dengan pasangan (mobile dating service). Kini layanan info lokasi Telkomsel telah digunakan sekitar 4 juta pelanggan.

Kategorisasi Fasilitas Umum dalam Layanan Telkomsel Lacak

ID Kategori Fasilitas Umum
1 Accommodation hotel, tempat penginapan
2 Businesses bank, pabrik, perkantoran
3 Telecommunications titik akses internet, telepon umum, wireless LAN hot spot
4 Education sekolah, kampus
5 Entertainment bioskop, tempat pertunjukan, klub malam
6 Food and drink rumah makan, kafe, bar
7 Geographical locations kota, pusat kota
8 Outdoor activities tempat berkemah, kolam pemancingan, taman bermain anak
9 People rumah saya, rumah teman saya, tempat favorit orang-orang terdekat
10 Public services kantor informasi publik, kantor pemerintahan, perpustakaan, kantor pos, rumah sakit, kantor polisi
11 Places of worship gereja, masjid
12 Shopping pasar, apotek, pusat perbelanjaan, mall
13 Sightseeing monumen, museum
14 Sports pusat olahraga, stadion, tempat bermain boling, golf
15 Transport bandar udara, halte bus, pelabuhan, stasiun kereta, tempat peristirahatan
16 SPBU pom bensin
17 ATM ATM
18 Posko Mudik posko yang menyediakan penjualan kartu perdana dan layanan isi ulang pulsa
19 Bengkel bengkel mobil, bengkel motor
20 GraPARI Telkomsel pusat pelayanan pelanggan Telkomsel

sumber: Corporate Communication Telkomsel

a telco employee by day / at night pretend to be a dj / addicted to manga, anime, soccer / reading books and traveling / writing codes and taking photos / very happy finally visited Kyoto :)

Leave a Reply

*

21 comments

    • technically bisa
      selama object yang mo kita lacak dapat dipantau dari GPS atau BTS si operator.

  1. hahaha.. jadi inget waktu experiment… untung pas lagi di kos. :P

  2. hanz

    kalo ternyata tanpa kita tahu nomor HP kita dilacak menggunakan fitur ini…trus gimana caranya supaya ga lagi bisa dilacak??

    • Mas Hanz,
      kalo bicara teknis, selama nomor Anda attached di network operator maka dia bisa melacaknya. Kalo ga mau dilacak yah matikan nomornya dalam waktu yang lama. kayanya sih record posisi terakhir bisa termonitor hingga sekian hari ke belakang, tapi ya beda operator beda juga setingan berapa harinya.

      Tapi yang perlu Mas Hanz baca juga di artikel yang saya tulis, konteks tujuan layanannya adalah menampilkan info-info layanan publik di sekitar posisi Anda. Bukan melacak nomor Anda.

      Karena yang boleh melakukan tracking keberadaan seseorang via nomor ponselnya ya aparat penegak hukum :) itu juga mereka minta resmi ke masing-masing operator.

      Jadi, asumsi saya cara kerja layanan ini adalah:
      1. Mas Hanz nyalain aplikasinya
      2. Aplikasinya nanti akan ngirim posisi/ID BTS yang digunakan Mas Hanz saat itu ke Backend.
      3. Backend akan nyari, di ID BTS tadi terdaftar di jalan apa dll. dan di sekitar sana ada layanan publik apa. Itulah yang dikirimkan balik ke Anda. Jadi bukan nge-track nomor Anda :) pasif dia

  3. ricky

    mas bisa g tolong lacakin no hp ne 082367874811
    soal na ne no penipu

    • dear ricky
      silakan dibaca komen saya sebelumnya buat mas hanz :)
      yang authorized untuk melakukan pelacakan/tracking sebuah nomor ponsel adalah aparat penegak hukum via permintaan resmi antar institusi :)

      kalo kasusmu itu silakan ajah melapor ke polisi
      disertakan bukti-bukti pendukung kalo nomor tersebut adalah penipu

  4. amad suliswanto

    Saya punya adik pergi dari rumah dengan kondisi kelainan mental (depresi) di tlp di sms gak ada tanggapan, ggemana prosedur untuk bisa melacak keberadaanya. Terima kasih.

  5. izzy

    telkomsel msh tertutup aplikasinya atau emg ketinggalan canggih dngn operator lain yaaa
    INDOSAT aja terbuka buat siapa aja yang mau melacak sesama no indosat cm bertarif 1200rupiah

    • Please deh, gw rasa kalo soal canggih-canggihan itu sama ajah kok. Nothing fancy about that. Layanan yang disebut para operator sebagai LBS itu cara kerjanya sama ajah. Query HLR buat cari LAC-CI di HLR trus mapping ama GIS, dibungkus dengan bahasa marketing. Sudah deh. Malah bisa dikawinkan dengan data dari Waze/Foursquare/GoogleMap misalnya, wong API nya tinggal pake.

      Yg gw kepikiran di Telkomsel mungkin masalah regulasi dan potensial abusing privasi si pelanggannya. Karena lacak-melacak n sadap-menyadap itu ada Undang-undangnya.

      Analoginya kalo gue mo bunuh orang, gue tau nomor indosat-nya,
      tinggal gue lacak tuh orang ke posisinya, then *bang*
      cukup modal Rp. 1200 rupiah saja

      Kalo kaya gini gw akan mikir-mikir deh buat pake nomor Indosat, jangan-jangan nanti ada oknum pelanggan indosat yang akan stalking gw atau do something worse krn mereka tahu posisi gw.

  6. oh iya buat @izzy dicek dulu tuh statementnya referensinya apa

    Layanan Lacak Indosat hanya untuk tracking “anggota keluarga”, jadi nomor yang akan dilacak harus didaftarkan ke sistem dan nomor target tersebut juga harus “setuju” untuk dilacak.
    http://goo.gl/G0jjG

    Kemudian terkait lacak-melacak dan penyadapan udah diatur dlm UU No 36/1999 tentang Telekomunikasi, jadi tidak sembarang orang bisa melakukannya kecuali dah ijin ke Kapolri
    http://acarapidana.bphn.go.id/proses/penyadapan/?s=penyadapan&type=all
    baca di bagian “Tata Cara” deh

  7. merry

    maaf mas , klo mau tahu dmna aj itu nomer hape pernah singgah bisa ga ??? ( exp : ke jaawa , bali , dll )

  8. @merry
    kalo sekedar jawa bali sumatra n sejenisnya teorinya bisa bgt,
    tiap operator punya yg namanya call detail record (cdr)
    tiap panggilan akan tercatat nomor tersebut ada di lokasi bts mana

  9. arry

    Tolong lacakin nomer ini dong mas 0852-0027-2879. Ini nmr istri saya yg kabur krn saya Larang
    untuk tidak selingkuh, pdhl kondisi dy skrg sdg hamil 5bln. Mohon Tolong Bantuan’a dong mas…

    • @arry
      sorry bro, not allowed to do that
      n lagi, pattern nomornya kok aneh yah ^_^

  10. anthony

    Sekarang banyak penipu online shoop.kemarin sy ketipu hp murah uang sdh ditrnsf tp brg tdk kunjung dtg,malah ngaku dr bea cukai klu brg sy ditahan bea cukai,ini penipuny 082359538834,082333335014

Next ArticleGoogle Apps