Mozilla Summit 2013 – World Fair & Classes

Seperti yang saya sebutkan di postingan saya sebelumnya bahwa agenda hari pertama Summit ini ada 2.

Yang pertama adalah World Fair.
The World Fair is a way for participants to showcase where they come from and/or what they are doing and for others to connect and get curious. Dan ga cuma mengenai kebudayaan negara, tapi apa yang sudah kita lakukan di komunitas negara masing-masing.
Berikut ini adalah beberapa foto yang saya ambil dari acara world fair ini. Beberapa foto lainnya adalah hasil jepretan Mozillians lain yang kebetulan ada saya di sana :P *i’m not a self portrait guy*

Photos taken by other Mozillians during #MozSummitFair

photo by Hu Changyu Mozilla Indonesia Mozilla Summit
Mozilla Summit 2013 Mozilla Summit 2013 IMG_1148
IMG_1162 IMG_1141  Mozilla Summit 2013
 Mozilla Summit 2013 Mozilla Summit 2013  Mozilla WPR

Yang kedua adalah kelas dan diskusi.
Nah yang ini buanyak banget topiknya, padahal baru juga hari pertama. Berikut ini daftarnya

[checklist]Ecosystems(s) In Our Image[/checklist]
saya ga sempat masuk kelas ini, jadi ga tau topik yang didiskusikan secara detil apa saja.

[checklist]Building a Web Literate World[/checklist]
ini kelasnya para aktivis webmaker :) Intinya mengenalkan “web” ke publik dengan cara semudah mungkin. Ga harus menjadi programmer untuk dapat membuat sebuah website/homepage.

[checklist]What does “Mozillian” mean?[/checklist]
Hmmm, ini diskusi mengenai “jati diri” hehehehehe. Intinya kapan sih atau apa sih yang dibutuhkan supaya kita bisa disebut sebagai “Mozillian”? Apakah orang-orang yang kerja di Mozilla? para developer yang nyumbang source code ke proyek-proyek Mozilla? Para ReMo? SuMo? Atau orang yang sekedar menggunakan produk-produk Mozilla boleh disebut atau menyebut dirinya sebagai Mozillian? Ini penting untuk identitas sebuah komunitas.
Bagi saya sih ga segitu penting. Saya cukup komitmen dan konstan berkontribusi (hey there are many ways to contribute and it’s not about code or being tech wizard or geek)

 IMG_7410

Mozilla Summit 2013 Santa Clara Day 1

flickr photo from othree

flickr photo from othree

flickr photo from othree

[checklist]The Web We Want[/checklist]
Ini juga soal “jati diri” hehehehehe. Intinya “web” seperti apa sih yang kita inginkan? Yang cuman boleh/bisa dibuka pake browser khusus seperti jamannya Internet Explorer dulu atau yang kudu install plugins khusus supaya bisa akses layanannya? (barang-barangnya microsoft/oracle lagi deh jadinya)

[checklist]Firefox OS in 2014 and beyond[/checklist]
Firefox OS sedang menjadi topik hangat terutama di kalangan Mozillian. Sebagai ‘orang telco’ tentu saja saya ga akan melewatkan kelas ini. Yah ada sedikit hal yang tidak sesuai harapan karena kelas ini lebih membicarakan teknis fitur apa yang ingin dipunyai oleh Firefox OS, tools yang membantu mengembangkan Firefox OS maupun app-nya tidak ada pembicaraan sama sekali mengenai bagaimana strategi Firefox OS ini akan dipasarkan secara global. Yah mengingat kita saat ini seperti semut diantara gajah Android dan iOS. Not to forget Windows Phone and the dying Blackberry.

[checklist]Privacy, Security and Data: Pragmatic Innovations for Users and the Web[/checklist]
Diskusi mengenai bagaimana membuat produk-produk yang keren, layanan maupun UX dengan jaminan privasi tinggi serta mempunyai tingkat keamanan yang bagus.

[checklist]Amplifying Mozilla: From Wearing T-Shirts to Sharing Online[/checklist]
Intinya di kelas ini bagi-bagi t-shirt gratis!! aarrrghhhh how could i know? saya sedang serius di kelasnya Lakatos n ga memperhatikan kelas-kalas lain lagi ngapain.

[checklist]User Personalization[/checklist]
Ini sebenarnya nyambung dengan privacy. Di era web/internet ini apa saja sudah lumrah untuk di-personalisasi. Namun seringnya hal ini diikuti oleh data tracking yang diluar kontrol kita sebagai user. Nah di kelas ini kita diajak berdiskusi mengenai bagaimana Mozilla membantu para pengguna internet terkait dengan User Personalization ini.

[checklist]Localizing with L20n[/checklist]
kelas ini ditujukan untuk para localizer beradaptasi dengan teknologi baru yang digunaka
 

Mozilla Summit Stories:

Side Story:

1 thought on “Mozilla Summit 2013 – World Fair & Classes

  1. Pingback: Mozilla Summit 2013 - Day 02 | @nurikidy

Comments are closed.